Sabtu, 10 Desember 2011

Fakta menakjubkan

  • Anda heran mengapa sepatu olah raga bersol karet – dalam bahasa Indonesia disebut sepatu Kets..? Cerita dimulai ketika sepatu olah raga pertama diperkenalkan tanggal 14 Juli 1916. Dan… tepat seperti yang anda tebak… sepatu itu merknya “Keds”. Sepatu jenis inilah yang selanjutnya dikenal dalam bahasa Inggris sebagai “sneakers”. Segera menyusul Keds, di tahun 1917 – Converse Rubber Company ikut pula membuat sepatu karet. Perusahaan inilah yang sekarang ini kita kenal sebagai pembuat sepatu olah raga merk “Converse”. Untuk ukuran sekarang, sepatu olah raga masa itu terhitung primitif. Solnya terbuat dari karet, dengan pinggiran kanvas dan disatukan dengan tali. Namun sepatu ini menjadi sebuah revolusi perlengkapan olah raga. Kenyamanan sepatu ini untuk digunakan dalam olah raga seperti basket dan tennis – tak tergantikan.
  • Di Amerika Serikat, seseorang yang tidak dikenal identitasnya disebut dengan nama John Doe (ingat peristiwa pemboman Gedung FBI di Oklahoma, Amerika pada tahun 1995). Dan bila seseorang yang tidak dikenal identitasnya itu adalah seorang wanita maka akan disebut sebagai Jane Doe. Tradisi menyebut John dan Jane Doe ini ternyata berasal dari peristiwa pembunuhan Presiden Amerika, McKinley, di hari Jumat 6 September 1901. Sang pembunuh, Leon F. Czolgosz, di hari sebelum pembunuhan menginap di Riggs House Hotel. Di hotel tersebut, Leon menggunakan nama samaran John Doe, nama samaran yang digunakan polisi saat mengusut dirinya. Akhirnya hingga sekarang, setiap seseorang yang belum diketahui identitasnya, masyarakat Amerika menyebutnya sebagai John atau Jane Doe.
  • Sheik Shakhbut, bekas pemimpin Abu Dhabi, adalah salah satu dari beberapa pemimpin Arab yang mendapat rejeki nomplok saat ditemukannya sumber minyak di jazirah Arab. Namun penduduk Abu Dhabi selalu merasa heran, karena walaupun minyak telah disedot sedemikian banyaknya, uang yang dihasilkan dari penjualan minyak bumi itu tidak kelihatan ‘jejaknya’.  Maka terjadilah perebutan kekuasaan, dan Sheik Shakhbut dapat digulingkan dari kekuasaannya. Selanjutnya, sebuah komisi dibentuk untuk mencari kemana perginya uang hasil minyak Abu Dhabi. Dari istana kerajaan terbongkarlah sebagian misteri ke mana ‘perginya’ uang-uang itu.  Selama pemerintahannya Sheik Shakhbut telah menyembunyikan uang-uang hasil penjualan minyak itu di seluruh bagian istananya, mulai dari di bawah kasur, lemari, karpet dan tempat-tempat lain. Sulit untuk dihitung berapa banyak yang disembunyikan Sheik Shakhbut, namun sebagai gambaran saja, terdapat kira-kira uang kertas senilai 2 juta dollar yang telah rusak dimakan tikus…
  • Istilah “hooker” dalam konotasi pelacur atau wanita penghibur, ternyata berasal dari para prajurit Amerika.
    Saat perang sipil, dikenal seorang Jenderal dari pihak Union Utara yang bernama Joseph Hooker. Jenderal ini sering membawa wanita-wanita penghibur untuk menemaninya di kota New Orleans sepanjang masa perang sipil. Oleh anak buahnya, wanita-wanita ini diberi nama “Hooker’s Division”. Lama-kelamaan kata “Division” menghilang, dan akhirnya wanita-wanita dengan profesi demikian mendapat mendapat sebutan “hooker” hingga sekarang.
  • Mengapa kepolisian Inggris disebut “Scotland Yard” sekalipun mereka bukan berasal dari Skotlandia ataupun berada di Skotlandia? Sebutan ini ternyata berasal dari riwayat didirikannya Kantor Kepolisian London di tahun 1829. Kantor ini didirikan di gedung Nomer 4 Whitehall Place di kota London – tepat di sebelah bangunan yang sering didiami raja-raja, bangsawan, atau tamu penting lainnya yang berasal dari Skotlandia. Seperti kita ketahui, Inggris sebenarnya adalah gabungan tiga kerajaan (United Kingdom): Skotlandia, Wales, dan England.  Karena “bertetangga” dengan gedung kerajaan Skotlandia itulah, maka kepolisian Inggris memperoleh nama Scotland Yard. Parahnya, nama ini sedemikian lengket – hingga saat gedung kepolisian tersebut dipindahkan ke kantor yang baru di tahun 1890 – gedung yang baru diberi nama “New Scotland Yard”, padahal tidak lagi bertetangga dengan gedung kerajaan Skotlandia. Saat ini Kantor Pusat Kepolisian London berada di daerah Westminster.
  • Di abad ke 17, di Eropa dikenal tindak kejahatan penculikan anak-anak yang dilanjutkan dengan membentuk mereka menjadi makhluk aneh.  Tindak kejahatan ini disebut “Comprachicos”, dimana anak-anak tadi dihambat pertumbuhannya dengan dipasangi topeng besi permanen atau dibentuk dengan sengaja untuk selanjutnya dijual kepada para bangsawan, sebagai mahluk langka.  “The Man in the Iron Mask” karya Alexander Dumas adalah gambaran tentang Comprachicos di masa itu dimana seorang anak diculik dan kemudian dipasangi topeng besi. Contoh lain pada “The Man Who Laughs” karya Victor Hugo, menceritakan tentang seorang anak yang selalu tersenyum karena wajahnya dibentuk demikian akibat Comprachicos.
  • Mickey Mouse tadinya akan diberi nama Mortimer. Tapi Istri Walt Disney ngebujuk dia supaya ngeganti namanya jadi Mickey Mouse.
  • Di usia 25 tahun, ia dipecat dari ketentaraan, selain itu ia telah dipermalukan, patah semangat, tanpa harapan, tanpa uang. Di ujung semua itu, berniat bunuh diri dengan meloncat dari sebuah jembatan. Namun sebelum niat tersebut terjadi, seorang teman datang dan membujuknya untuk membatalkan niat tersebut. Sang pemuda pun membatalkan bunuh diri, dan memulai hidup baru.  Hanya dalam waktu setahun setelah rencana bunuh diri itu, ia berhasil meniti kembali karir militernya yang telah hancur, dan berhasil menjadi jenderal termuda dalam Dinas Ketentaraan Perancis. Kemenangan besar dapat dicapainya justru saat ia memimpin prajurit-prajurit lelah yang kelaparan (dimasa inilah ia berkata “prajurit berjalan di atas perutnya”). Di kemudian hari ia menaklukkan seluruh Eropa daratan. Ia adalah Napoleon Bonaparte.
  • “Makanan kaleng” pertama ternyata bukan dikemas dalam kaleng, melainkan di dalam gelas…! Pada awal tahun 1800-an, Nicholas Appert menemukan bahwa ia dapat mengawetkan makanan dengan menempatkannya di dalam botol gelas. Tehnik ini diperoleh dari pengalamannya membotolkan anggur. Langkah pertama adalah dengan mensterilkan botol, lalu mengisinya dengan makanan setengah matang, menyumbatnya dengan gabus, lalu mendidihkan makanan tersebut di dalam air panas. Appert menemukan bahwa dengan melakukan langkah ini secara seksama, makanan yang tersimpan dapat dipertahankan hingga jangka waktu lama. Atas penemuannya ini, Appert memperoleh hadiah 12.000 franc dari Napoleon. Napoleon sedemikian berterima kasih karena ia sedang mempersiapkan penaklukan Eropa – dari Portugal hingga Russia. Tanpa penemuan makanan yang awet disimpan seperti ini, mustahil Napoleon bisa menaklukkan seluruh Eropa. Napoleon sendiri yang pernah mengatakan “Tentara itu cuma benar-benar patuh pada perutnya…”
  • Hanya tiga tahun setelah Nicholas Appert berhasil menciptakan “makanan kaleng” pertama dalam gelas – musuh besar Perancis – yaitu Inggris – berhasil mengembangkan makanan kaleng – sungguhan, yaitu yang dikemas dalam kaleng timah.  Sekalipun awalnya sebagai ransum tentara – ternyata orang Inggris berhasil mengembangkan makanan kaleng menjadi sebuah industri besar. Di tahun 1820 – Inggris mengembangkan makanan kaleng bagi masyarakat sipil. Memang, dibandingkan dengan makanan kaleng modern, makanan kaleng saat itu terasa jauh ketinggalan.  Ukuran kalengnya saja bisa lebih banyak daripada isi makanan di dalamnya. Ada hal unik yang masih tersisa, pembuka kaleng baru diciptakan orang pada tahun 1858. Lalu bagaimana caranya orang membuka kaleng sebelum itu? Dengan menggunakan palu dan pahat. Kasar memang, tetapi efektif…
  • The heaviest person in the medical history was Jon Brower Minnoch (USA). He suffered from obesity as a child and, by 1963, when he was 22 years old and 1.85m tall, he weighed 178 kg. Four years later, he weighed 317 kg, and by September 1976 he weighed 442 kg. He was rushed to hospital in 1978 with heart and respiratory failure, weighing an estimated 635 kg. When he died in 1983 he was down to 362 kg.
  • Bila mencari tempat sunyi menjadi tujuan utama wisata anda, mungkin anda patut memperhitungkan desa-desa suku Mabaan di Sudan sebagai tujuan wisata. Kepercayaan penduduk desa-desa suku Mabaan melarang hampir segala macam bunyi. Sedapat mungkin mereka berkomunikasi dengan bahasa isyarat. Di desa-desa suku Mabaan, suara yang biasa terdengar cuma lenguhan sapi atau rintik hujan. Berkat kebiasaan yang telah dipelihara berabad-abad ini, pendengaran para anggota suku Mabaan terkenal sangat baik. Para anggota suku yang telah berusia sangat lanjut jarang menderita kurang pendengaran. Terkadang pendengaran mereka masih sama baiknya dengan pemuda normal di usia dua puluhan.Bila dibandingkan dengan suku-suku lain di daerah Sudan, pendengaran para anggota suku Mabaan terkenal sangat tajam. Terkadang mereka dapat mendengar bisikan pembicaraan manusia dari jarak 80 hingga 100 meter.
  • Menyebut Cleopatra – akan mengingatkan kita tentang ratu cantik jelita dari Mesir. Tapi sebentar, Cleopatra yang mana…? Karena ternyata dalam sejarah Mesir Kuno – terdapat TUJUH ratu yang bernama Cleopatra. Lalu dari ketujuh Cleopatra tersebut, mana yang paling terkenal dan juga tercantik..? Ia adalah Cleopatra VII. Sedemikian jelitanya ratu yang satu ini, sampai bisa memikat hati dua penguasa Romawi yaitu Julius Caesar dan Mark Anthony, di dua jaman berbeda. Akibat daya tarik Cleopatra ini pula, Triumvirate (tiga penguasa) Romawi jadi bertikai satu sama lain. Demi mendapatkan Cleopatra, Mark Anthony rela meninggalkan istrinya, yang merupakan adik Octavianus. Terang saja Octavianus marah besar. Ia pun menyerang Mark Anthony dan Cleopatra dengan menggunakan armada tempurnya. Pasukan Mark Anthony dan Cleopatra kalah dalam pertempuran di Actium, Yunani tahun 33 sM. Bak drama Romeo dan Juliet yang terlalu cepat 15 abad – Mark Anthony dan Cleopatra bermaksud meneruskan cinta mereka di “alam baka”. Keduanya bunuh diri. Mark Anthony bunuh diri dengan menikam diri menggunakan pedang, dan akhirnya meninggal di pangkuan Cleopatra. Sementara sang ratu melakukan bunuh diri dengan membiarkan dirinya dipatuk ular Asp (Kobra Mesir). Setelah meninggalnya Cleopatra, Mesir jatuh dalam kekuasaan Octavianus, yang selanjutnya menjadi Kaisar Terbesar Romawi – dengan nama baru : Kaisar Augustus, yang namanya sekarang kita pakai sebagai nama bulan
  • Lebih banyak fakta unik dan menarik di E-Book berikut: click here
  • Asal dari obat yang dikenal dengan “Aspirin” – ternyata dari jaman Yunani kuno, dan diperkenalkan oleh Bapak Para Dokter se-dunia – yaitu Hippocrates. Tentu saja Hippocrates tidak menyebut Aspirin, melainkan menyebut tumbuhan bernama Willow yang bila batangnya dikeringkan dan dijadikan bubuk, dapat menghilangkan rasa sakit. Ribuan tahun berlalu, hingga di tahun 1829, para ilmuwan berhasil mengisolasi bahan dalam tumbuhan Willow yang berfungsi meredakan rasa sakit. Bahan tersebut bernama Salicin. Repotnya, bahan ini memang bikin kepala plong tapi bikin perut memberontak – manfaat dan mudaratnya sama besar. Tentu saja harus ada jalan keluar. Di tahun 1853, seorang ahli kimia Perancis bernama Charles Frederic Gerhardt berhasil menetralkan Salicin alami menjadi Asam salisilat (Salicylic Acid) lewat buffering dengan Natrium dan Asam Asetat. Asam salisilat ini lebih “ramah” terhadap perut. Di tahun 1899, seorang ahli kimia Jerman, bernama Felix Hoffmann, yang bekerja bagi Bayer, menemukan kembali formula Gerhardt. Hoffmann membujuk Bayer untuk memasarkan obat itu, yang selanjutnya muncul di pasar dengan nama pasaran “Aspirin”.
  • As of February 2003, Saddam Hussein (Iraq), President of Iraq since 1979 had eight principal palaces plus other minor residences throughout Iraq, which contain a total of 1,058 buildings. In Babylon, Saddam has a palace built alongside the remains of the palace of Nebuchadnezzar II (620-562 BC); every brick is stamped with the legend “The Leader, Saddam Hussein, Victor of Allah”.
  • Sepanjang 75 tahun karirnya, Pablo Diego Jose Francisco de Paula Juan Nepomuceno de los Remedios Crispin Cipriano de la Santisima Trinidad Ruiz y Picasso atau lebih dikenal dengan nama Pablo Picasso, adalah seorang pelukis yang paling banyak menghasilkan karya di antara pelukis profesional lainnya.  Diperkirakan dia telah menghasilkan 13.500 lukisan dan desain, 100.000 cetakan dan ukiran, 34.000 ilustrasi buku, dan 300 patung dan keramik. Hasil karya beliau telah dihargai sekitar 500 juta Poundsterling ($788 million USD) dan hingga bulan Mei 1997, hasil karyanya telah terjual di pelelangan sebanyak 1.579 kali.
  • Kalau anda diceritakan bahwa riwayat lampu senter berasal dari pot bunga, anda pasti bingung dan tidak melihat hubungannya. Tapi itulah kenyataannya. Cerita dimulai dari perjuangan seorang imigran Rusia bernama Conrad Hubert. Hubert berimigrasi ke Amerika Serikat tahun 1890 – di usia 35 tahun. Saat itu ia benar-benar tidak punya uang. Bangkrut. Conrad berusaha apa saja untuk menghidupi diri. Ia pernah bekerja di toko cerutu, membuka warung, dan bahkan jadi tukang jam. Apapun dikerjakannya, tetapi semua itu tidak menghasilkan cukup uang. Pada saat itulah ia berkenalan dengan seorang teman bernama Joshua Lionel Cowen, yang sedang tergila-gila pada tenaga listrik. Joshua ini berhasil menciptakan pot bunga yang bisa bercahaya -karena di dalamnya dipasangi baterai. Dengan menekan sebuah knop, maka pot itu akan bercahaya. Karena tidak punya pekerjaan lain, Conrad memutuskan untuk membantu Joshua menjual pot bunga bercahaya ini. Sementara itu, Joshua sendiri tertarik pada bidang lain yang relatif baru, yaitu kereta listrik. Ia menjual ide pot bunga bercahaya ini kepada Conrad secara hampir cuma-cuma. Untung saja, Conrad Hubert tidak berhenti dengan hanya berjualan pot bunga. Ia terpancing suatu ide untuk memodifikasinya. Conrad memisahkan baterai, bohlam dan tabung kertas dari pot tersebut – dan membuat alat yang disebutnya sebagai “obor listrik” – cikal bakal lampu senter. Conrad Hubert semula menjual penemuannya ini sebagai peralatan unik, tetapi segera menjadi jelas bahwa alat ini sangat berguna. Bisnisnya berkembang pesat. Saat Conrad Hubert meninggal dunia di tahun 1928 – sang imigran miskin itu telah berubah menjadi seorang jutawan. Ia memiliki kekayaan US$ 8 Juta.
  • Pada September 2000 ilmuwan dari NASA’s Goddard Space Flight Center, Maryland, USA, mendeteksi lubang terbesar sampai saat ini di lapisan ozon. Dengan area sekitar 28.3 juta km persegi, lubang di atas Antartica tersebut kurang lebih sebesar tiga kali dari luas daratan Amerika Serikat.
  • Bangunan universitas terbesar yang masih ada sampai saat ini adalah MV Lomonosov Moscow State University, Moscow, Russia. Didirikan antara 1949 sampai 1952. Tingginya 240m, berlantai 32 dan mempunyai 40.000 ruangan.
  • Boerhaave, seorang dokter Belanda dan penulis buku “Elementa Chemiae”, meninggal tahun 1738. Sebelum wafat ia meninggalkan sebuah buku tebal bersegel dengan judul “The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art” (Rahasia paling mendalam dan satu-satunya dalam Seni Pengobatan). Buku tersebut dilelang, dan sang pemenang lelang yang telah mengeluarkan uang senilai $ 20.000 dalam emas membawa pulang buku itu. Saat segel dibuka, ia menemukan bahwa 99 dari 100 halaman buku itu adalah kosong. Selain sampul depan, cuma terdapat tulisan pendek: “Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.”
  • Mithradates (131-63 sM) adalah penguasa negeri Pontus dan musuh besar Kerajaan Roma. Karena percaya bahwa ia akan diracun oleh musuh-musuhnya, Mithradates “berlatih” dengan cara menelan racun dosis kecil yang dengan secara bertahap ditingkatkan dosisnya. Di akhir “latihan” ia menjadi kebal dan tak dapat diracuni. Ironisnya, dalam sebuah pertempuran melawan Roma, Mithradates kalah dan terpojok. Daripada menanggung malu, ia berusaha untuk bunuh diri dengan meminum racun. Tentu saja sia-sia. Diakhir usahanya, Mithradates memerintahkan seorang pengawal untuk membunuhnya dengan pedang.
  • Laut yang airnya paling jernih di bumi terdapat di laut Weddell, yang terletak di lepas pantai Antartika, Kutub Selatan. Berdasarkan penelitian para ahli dari Institut Alfred Wegener pada tanggal 13 Oktober 1986, sebuah piringan bernama Secchi Disk yang telah ditenggelamkan hingga kedalaman 262 feet atau sama dengan kedalaman 79,8 meter, masih dapat terlihat jelas dari permukaan. Tingkat kejernihan seperti ini hanya mungkin dicapai oleh air suling murni.
  • Istana Nurul Iman, yang dimiliki oleh Yang Mulia Sultan Brunei, Sir Muda Hassanal Bolkiah Mui’zzaddin Waddaulah (lahir 15 Juli 1946) adalah rumah kediaman paling mewah yang ada di atas bumi.  Istana yang diselesaikan bulan Januari 1984, bertepatan dengan kemerdekaan Brunei ini, dibangun dengan biaya US$ 350 Juta. Tempat kediaman Sultan Brunei ini memiliki 1.788 buah kamar dengan 257 kamar mandi dan toilet. Di ruang bawah tanah istana itu terdapat sebuah garasi yang sedemikian luasnya hingga mampu menampung 110 buah mobil milik sang Sultan.
  • Tidak ada seekorpun burung penguin yang hidup di Kutub Utara. Belahan bumi bagian Utara bukanlah habitat alami penguin. Keseluruhan 17 sub spesies penguin tinggal di belahan selatan bumi.  Penguin adalah satu-satunya burung yang tidak bisa terbang namun bisa berenang. Penguin sangat ahli berenang. Walau bernapas dengan paru-paru, penguin sering menyelam hingga sepanjang 18 menit, tanpa mengambil udara barang sekalipun. Selain ahli berenang, penguin memiliki keunikan karena memiliki organ desalinasi khusus di daerah sekitar matanya. Dengan organ ini, penguin dapat mengubah air asin menjadi air tawar.
  • Kata Arctic yg artinya kutub utara diambil dari kata yunani Arktos yg artinya “beruang” (binatang). Memang habitat utama beruang kutub ada di kutub utara. Uniknya, nama dari kutub selatan ialah Antarctica atau anti arktos yg artinya “anti beruang” atau “tidak ada beruang”. Dan Memang betul, di kutub selatan sama sekali tidak ada beruang kutub…
  • Nama warna Magenta berasal dari nama sebuah pertempuran antara tentara Perancis dan Sardinia melawan tentara Austria di tahun 1859. Pertempuran tersebut berlangsung di sebuah tempat yang bernama “Magenta”. Setelah pertempuran usai, warna campuran antara merah dan ungu ditiru oleh para ahli kimia Perancis untuk menggambarkan warna darah yang mengering. Dan untuk mengenang pertempuran yang terjadi, warna baru itu diberi nama warna Magenta
  • Medarda de Jesus Leon de Uzcategui (Venezuela) mengajar di Caracas, Venezuela, selama lebih dari 80 tahun semenjak 1911
  • Adegan band yang terus memainkan musik ketika Titanic mengalami kecelakaan di film Titanic merupakan kejadian yang benar benar terjadi. Kejadian terakhir dari kecelakaan Titanic menghasilkan cerita tentang keberanian dan kepahlawanan. Awak kapal yang tetap tinggal di dek untuk memandu penumpang untuk naik ke sekoci sampai para penumpang selamat dari Titanic, kru mesin kapal yang terus bekerja di ruang mesin untuk menjaga mesin agar tetap hidup dan lampu tetap menyala, dan penumpang yang tetap tinggal di Titanic sehingga penumpang lainnya bisa mendapat kesempatan untuk mendapatkan tempat duduk di sekoci-sekoci yang tidak bisa menampung semua penumpang Titanic. Salah satu dari hal yang menarik dari gambaran keberanian manusia dari kecelakaan Titanic adalah band di kapal Titanic. Mereka tidak termasuk dari bagian kru kapal, dan mereka tidak diperlukan untuk bertugas menjaga agar mesin kapal tetap hidup atau untuk mengeluarkan penumpang dari Titanic. Tidak ada seorangpun yang akan protes apabila mereka mengambil tempat di sekoci. Tapi dengan kehendak sendiri, mereka tetap tinggal di kapal sampai detik terakhir, memainkan musik ringan dan slow untuk menenangkan para penumpang sambil menunggu sekoci-sekoci disiapkan.
  • Ada satu alasan utama mengapa ular selalu menjulur-julurkan lidahnya. Ular tidak memiliki telinga, namun memiliki lidah yang sangat sensitif terhadap getaran udara. Dengan menjulurkan lidahnya ular menangkap suara dan bau, dan inilah indra paling utama bagi ular. Bunyi seruling yang dimainkan oleh para pawang ular di India tidak pernah didengar oleh ular. Ular tersebut cuma tertarik pada gerakan seruling yang dimainkan oleh sang pawang.
  • Mengaduk minuman (misal es teh manis diaduk biar gulanya campur dgn air) Kebanyakan org melakukannya dengan cara berputar. Namun tes terbaru membuktikan bahwa mengaduk dengan menggunakan pola huruf “W” akan menimbulkan efek pusaran yang lebih banyak 4 kali daripada pola berputar sehingga mempercepat proses.
  • Coca cola dulu berwarna hijau
  • Saat demam emas melanda Amerika di tahun 1848, tersebutlah seorang pemuda usia 20 tahun dari New York berniat mengadu nasib. Namanya Levi Strauss.  Di tempat asalnya ia adalah seorang penjual pakaian. Strauss berangkat ke California dengan berbekalkan beberapa potong tekstil untuk dijual selama perjalanan ke Barat.
    Karena memang dasarnya berbekal nekad belaka, sesampai di California, Levi Strauss telah menjual semua barang yang dimilikinya, kecuali segulung kanvas. Segulung kanvas? Apa gunanya? Siapa yang mau memakai pakaian dibuat dari kanvas?  Di California, Strauss memperhatikan bahwa para pekerja tambang memiliki celana yang cepat sekali rusak. Untuk itu Strauss mencoba membuat celana kerja dari bahan kanvas dan menjual celana itu kepada para penambang. Celana dari kanvas itu laku keras. Banyak penambang membeli celana kanvas dari Strauss. Karena tidak sepenuhnya suka dengan bahan kanvas, Strauss mulai menggunakan bahan lain yang dipesannya dari Genoa, Italia. Para pemintal di sana menyebut bahan itu “genes”. Strauss mengubah namanya menjadi “jeans” – dan mulailah ia memproduksi celana jeans pertamanya, yang diberi merk “Levi’s”. Hanya dalam waktu singkat celana ini menjadi “pakaian resmi” para penambang dan koboi, dan akhirnya dapat kita temui sekarang sebagai “pakaian kebangsaan” banyak orang
  • Pizza adalah bahasa Itali untuk “pie” (kue). Pada bagian bawah pizza dibuat dari adonan ragi yang dipanggang menjadi lingkaran seperti roti. Di Itali, orang sudah membuat pizza sejak tahun 1400-an, tapi belum diberi tomat dan keju sampai tahun 1889. Pada tahun 1889, seorang pembuat roti bernama Raffaele Esposito membuat pizza untuk Ratu Itali. Ia memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan dengan warna seperti bendera negaranya, Itali. Jadi Raffaele menambahkan tomat merah, keju putih, dan paprika hijau. Itulah ceritanya kenapa hingga sekarang pizza menyerupai bendera negara Itali.
  • Nama klub sepakbola terpanjang di dunia dalam bahasa asli: Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit Bravo Association Football Club. (nama singkatnya Bangkok Bravo)
  • Sebelum kedatangan dan penaklukan bangsa Spanyol di Amerika Selatan, orang Indian Inca tidak mengenal besi, perunggu atau logam lain. Itu sebabnya mereka memiliki emas dalam jumlah yang sangat besar.  Mereka tidak hanya menggunakannya sebagai perhiasan, tetapi juga untuk benda keperluan sehari-hari seperti paku, peralatan makan dan memasak, sisir, dan pencabut alis. Jadi dapat dibayangkan bagaimana ‘gila’nya orang Spanyol ketika melihat orang Indian setiap hari bersisir menggunakan sisir emas.
  • Negara yang memiliki rata-rata konsumsi alkohol tertinggi adalah Republik Irlandia, sebanyak 12,3 liter alkohol murni per orang berdasarkan survei di tahun 2000. Ini diambil berdasarkan jumlah alkohol murni yang dikonsumsi (anggur, bir dan spirits). Luxemburg berada di urutan kedua dengan jumlah 12,1 liter per orang, diikuti Rumania dengan 11,7 liter.
  • Joseph Caspar Mezzofanti, seorang kardinal Italia kelahiran tahun 1774 dapat mempelajari sebuah bahasa hanya dalam waktu sehari. Suatu saat ia pernah dipanggil untuk mendengar pengakuan terakhir dari dua orang kriminal yang akan dihukum mati esok hari. Mezzofanti mempelajari bahasa mereka hanya dalam waktu semalam, dan bercakap-cakap dengan kedua orang kriminal itu esok paginya saat matahari terbit sebelum eksekusi dilakukan. Mezzofanti adalah guru yang mengajarkan bahasa Cockney kepada penyair Inggris, Lord Byron. Menjelang wafatnya, Mezzofanti fasih berbicara dalam 39 bahasa (termasuk Cina, Coptic, Chaldean, Gujarati, Persia, Turki, Rusia, semua bahasa di wilayah bekas jajahan Roma, Hindi, Ibrani, Inggris kuno, Suriah, Arab, Yunani, Geez, Algonquin, dan Armenia), selain itu ia juga dapat berbicara dengan agak lancar dalam 11 bahasa lain (termasuk Wales, Serbia, Kurdi, Bulgaria, dan Angola), dan dapat mengerti walau tidak dapat berbicara dalam 20 bahasa lain, termasuk diantaranya bahasa Tibet, Eslandia kuno, Lapp, dan Chippewa. Walaupun sedemikian kosmopolitannya Mezzofanti, sepanjang hidupnya ia tidak pernah bepergian ke luar Italia barang sekalipun…
  • Abdul Kasim Ismail (938 – 995 Masehi) adalah orang paling terpelajar di Persia. Ia memiliki 117.000 buku dalam perpustakaannya. Walau menjabat sebagai panglima dan pejabat negara, ia tidak pernah rela berpisah dari buku-bukunya. Untuk itu, kemanapun ia pergi seluruh bukunya ikut dibawa serta di atas 400 ekor unta, yang telah dilatih untuk bergerak dalam deretan sesuai abjad. Dengan cara itu, para pengurus ‘perpustakaan keliling’ milik Abdul Kasim dapat dengan segera mendapatkan buku yang diminta Abdul Kasim dari koleksinya yang sedemikian banyak…
  • Kalau kita tersesat di hutan. Dan tak ada apapun yang bisa dimakan. Sepatu kulit kita adalah makanan yang paling baik untuk kita makan. Didalamnya ada cukup gizi untuk hidup sementara
  • Hard Disk pertama yang tercipta adalah buatan IBM. Namanya 350 RAMAC Disk File (Random Access Method of Accounting and Controlling). Pertama kali ditawarkan oleh IBM pada bulan September 1956. Berbeda dengan hard disk modern masa kini, 350 RAMAC berukuran besar. Sangat besar. Lebih seperti gentong/drum. Media penyimpan utamanya adalah 50 keping magnetik bergaris tengah 24 inchi (61 cm). Kapasitasnya…? Mohon jangan ketawa… Lima Megabyte saja… Harganya…? Mohon jangan bengong… US$ 35.000 setahun (waktu itu IBM tidak menjual – melainkan menyewakan perangkatnya). Dengan umur pakai lima tahun – berarti Hard Disk 350 RAMAC itu memiliki label harga kira-kira US $175.000…!
  • Pada masa-masa awal dikembangkannya kendaraan mobil, hampir tidak ada ban yang berwarna hitam. Karet alam – yang menjadi bahan baku ban, memang secara alami berwarna pucat atau coklat. Kalau sekarang ini ban menjadi berwarna hitam, itu karena penemuan tak disengaja. Di tahun 1885, perusahaan karet ban, B.F. Goodrich memutuskan untuk mencoba menjual ban berwarna hitam, dengan alasan bahwa ban warna itu tidak akan cepat kotor. (bagaimana mau kotor, warnanya saja sudah hitam…) Untuk menciptakan warna hitam, mereka menambahkan pigmen karbon hitam pada campuran karet.  Alangkah terkejutnya mereka, saat menemukan bahwa ban hitam yang dicampur karbon, ternyata bisa memiliki umur pakai lima kali lipat ban biasa yang tak diwarnai karbon… Alhasil, sejak saat itu – ban mobil tetap berwarna hitam hingga sekarang.
  • Sampai bayi berumur 6 bulan, nayi bisa menelan dan bernapas bersamaan. Org dewasa tidak bisa.
  • Menurut para ilmuwan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah Ikan Paus Biru. (Balaenoptera musculus), yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi. Suara Ikan Paus Biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras. Lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keras…? 188 desibel…!!! Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet (yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Perlu diingat bahwa tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur… Untung saja ikan paus tinggalnya di dalam laut… :D
  • Sebelum memberi nama “Sherlock Holmes”, Arthur Conan Doyle tadinya akan memberi nama “Sherrinford Holmes”
  • Besar Walt Disney World Resort di Florida besarnya kira2 sama dgn kota San Fransisco.
  • Kata ‘kandidat’ yang berarti calon ternyata berakar dari bahasa Latin. Dalam bahasa Latin, kata itu berarti ‘Si Putih’. Tidak usah heran karena pada masa Romawi Kuno, orang yang akan mencalonkan diri sebagai Senator Roma, mengenakan jubah berwarna putih. Rakyat yang tidak mendukung sang calon, biasanya melemparkan lumpur ke arah jubahnya hingga jubah itu menjadi toga maculosa (jubah berlumur lumpur), dan orang itu tidak lagi menjadi ‘kandidat’… Catatan sejarah mengenai hal ini didapat dari catatan sejarah Roma yang ditulis oleh Cicero.
  • Kalau bicara soal selera makan, rasanya sulit ada mahluk yang bisa menandingi Komodo. Mengapa demikian…? Karena komodo memiliki selera makan yang luar biasa. Biasanya seekor komodo mampu menyantap 2,5 Kg makanan dalam semenit, dan baru berhenti kalau sudah kenyang. Kapan kenyangnya…? Sulit diukur – karena sering terjadi Komodo makan hingga seberat 90% berat badannya – hanya dalam sekali makan. Ini sama dengan seorang dewasa yang makan 400 biji Hamburger dalam sekali duduk.
  • Beberapa negara di dunia diambil nama tokoh: Negara-negara tersebut adalah – Bolivia, diambil dari nama Simon Bolivar; Colombia diambil dari nama Christopher Columbus, Nicaragua diambil dari nama kepala suku Nicarao, Liechtenstein diambil dari nama Johann von Liechtenstein, Saudi Arabia diambil dari nama Raja Saud, dan Filipina diambil dari nama Raja Phillip. Amerika Serikat pun namanya diambil dari nama seseorang, yaitu nama penjelajah Amerigo Vespucci.
  • Tahukah kamu, pendengaran kucing lebih baik daripada anjing?
  • 23 Maret 1965 adalah hari istimewa dalam sejarah penerbangan angkasa luar. Bukan hanya karena saat itu kapsul angkasa luar Gemini 3 diluncurkan dari Cape Caneveral — tetapi juga karena terjadi perubahan besar hanya karena sepotong roti. Di luar sepengetahuan otoritas antariksa NASA, di hari itu astronot John Young menyelundupkan sepotong sandwich berisi corned beef untuk dibawa ke antariksa. Alasannya…? Young merasa bosan dengan makanan standard yang dipersiapkan NASA, karena rasa dan bentuknya yang nggak karuan. Maklumlah, makanan standar NASA saat itu bentuknya seperti pasta gigi dan tidak perlu dikunyah. Atas hal itu – John Young dan Virgil ‘Gus’ Grissom – dianggap melakukan pelanggaran berat dan terancam dipecat dari tugas astronot oleh NASA. Peristiwa sepotong roti ini berbuntut panjang. Kongres Amerika mendengar keluhan John Young – dan meninterogasi 40 pegawai NASA sebelum memutuskan bahwa NASA harus membuat makanan yang lebih layak bentuk dan rasanya bagi para astronot. Sementara bagi Young dan Grissom, mereka dibebaskan dari ancaman pemecatan. Selanjutnya karir John Young sebagai astronot benar-benar cemerlang. Ia bukan saja ikut dalam dua misi penerbangan kapsul Gemini, tetapi juga dalam dua misi pendaratan Apollo 16 di bulan, serta penerbangan perdana pesawat Ulang Alik Columbia di tahun 1981.
  • Raja Ptolomeus II yang memerintah Mesir (bukan Mesir Kuno)dari masa 285 sampai 246 sM, memiliki nama asli “Philadephus” – yang berarti “penyayang saudara”. Namun semasa hidupnya, ia telah membunuh dua saudara laki-lakinya. Penerusnya, ternyata tidak lebih baik. Raja Ptolomeus IV, yang memerintah Mesir dari masa 221 hingga 203 sM, memiliki nama asli “Philopator” – yang berarti “penyayang ayah”. Dan tepat seperti dugaan anda. Semasa hidupnya, Raja Ptolomeus IV – telah membunuh ayahnya…
  • Apa yang membuat cabe terasa pedas…? Ada zat di dalam cabe bernama capsaicin yang menjadi biang rasa pedas. Zat ini sedemikian kuat hingga hanya dalam jumlah sedikit telah memberi efek yang kuat. Lalu bagaimana caranya hingga rasa pedas muncul…? Pada indera perasa kita terdapat beberapa lapisan molekul penerima rasa sakit (pain sensor) yang bereaksi terhadap molekul capsaicin. Selain oleh capsaicin, penerima rasa sakit ini juga diaktifkan oleh panas, asam, dan berbagai reaksi kimia lainnya. Begitu capsaicin bersentuhan dengan penerima rasa sakit, maka sistem perasa kita bereaksi dan mengakibatkan rasa “pedas”. Selanjutnya tubuh bereaksi dengan meningkatkan metabolisme, sama seperti saat menghadapi serangan penyakit. Bagaimana menghilangkan rasa pedas…? Jangan menggunakan air, karena akan sia-sia. Molekul capsaicin sulit terlarut oleh air. Lebih baik menggunakan susu, karena susu dapat mengikat capsaicin – sehingga rasa pedas lebih cepat hilang, karena terikat pada susu yang mengalir ke lambung.
  • Empat orang penulis, yaitu Percy Shelley, George Byron, Dr. John William Polidori, serta Mary Wollstonecraft Godwin sedang menikmati liburan di Swiss. Di suatu malam, mereka sepakat masing-masing menulis sebuah cerita horor untuk menentukan siapa yang berhasil membuat cerita horor terbaik. Dari keempat orang itu hanya Mary Wollstonecraft Godwin – saat itu berusia 19 tahun, yang berhasil menyelesaikan ceritanya. Ia mempublikasikan karyanya itu dua tahun kemudian di tahun 1818 dengan prakata ditulis oleh suaminya, Percy Shelley. Saat ini karya Mary Wollstonecraft Shelley ini dikenal sebagai cerita horor klasik ‘Frankenstein’.
  • Vincent Van Gogh seumur hidupnya cuma pernah menjual 1 lukisannya. Dan itupun dijual ke saudaranya yg punya art gallery. Lukisannya bejudul “Red Vineyard at Arles”.
  • Pertempuran laut paling spektakuler dalam terjadi pada tanggal 16 Mei 1654. Saat itu, Cort Sivartsen Adelar (1622-1675)panglima angkatan laut kota Venesia kelahiran Norwegia – memimpin satu kapal perang biasa dengan 500 anak buah. Ia berhadapan dengan armada Turki yang memiliki 77 Galleon dengan 40.000 prajurit.  Satu Galleon Turki lebih besar daripada kapal milik Adelar. Sekalipun kekuatan yang berhadapan kelihatan tidak seimbang, tetapi Adelar berhasil memenangkan pertempuran. Ia dan anak buahnya berhasil menenggelamkan 18 Galleon Turki, dan membawa korban 5000 orang prajurit Turki, sisa galleon dan pasukan Turki melarikan diri dari pertempuran.
  • Satu-satunya benda buatan manusia yang dapat dilihat dari permukaan Bulan adalah Tembok Besar Cina. Tembok utamanya berdiri sepanjang 3.400 Km, atau hampir tiga kali panjang negara Inggris. Tembok utama diselesaikan di masa pemerintahan Kaisar Shi Huang Ti (221 – 210 sM) , yang kemudian diperpanjang hingga 2.800 Km oleh dinasti-dinasti berikutnya. Ketinggian tembok bervariasi antara 4,5 hingga 12 meter, sedangkan ketebalannya mencapai 9,75 meter. Tembok ini merentang dari Shanhaikuan di Teluk Bohai, hingga ke Yumenguan, dan Yang Guan. Beberapa bagian tembok sepanjang 60 Km telah dihancurkan untuk pembangunan bendungan. Di bulan Maret 1985, sebuah laporan dari tim penyelidik Pemerintah China berdasarkan penelitian selama 5 tahun berhasil membuktikan bahwa panjang total Tembok Besar China mencapai 9.975 Km. Beberapa kalangan masih meragukan laporan ini. Berlawanan dengan kepercayaan umum Tembok Besar China bukan diciptakan untuk membendung serangan penyamun yang tinggal di sekitar wilayah itu. Para penyamun sebenarnya dapat dengan mudah melewati tembok itu dengan menggunakan tangga, tetapi saat akan membawa barang rampasan, mereka akan kesulitan membawa ternak ataupun barang-barang besar lainnya melewati tembok. Dan itulah fungsi tembok besar China sebenarnya…
  • Raja Umberto I (1844-1900) dari Italia, memiliki seorang “kembaran” bernama Umberto Santini. Disebut “kembaran” – karena sekalipun berasal dari orang tua berbeda – tetapi keduanya memiliki ciri-ciri yang bahkan jauh melampaui kesamaan anak kembar. Keduanya memiliki tampang yang serupa, keduanya lahir pada hari yang sama di Turino, keduanya memiliki istri bernama Margherita, dan juga anak yang sama-sama bernama Vittorio. Kesamaan istimewa lainnya, Raja Umberto I naik tahta pada hari yang sama Umberto Santini membuka usaha restorannya. Semua kesamaan ini diakhiri pula secara tragis. Raja Umberto I dan Umberto Santini – keduanya tewas karena tertembak – pada hari yang sama, di kota yang sama – Monza – Italia. Raja Umberto I menjadi korban pembunuhan, sementara Umberto Santini karena kecelakaan senjata api.

0 komentar:

Posting Komentar

simple

simple

tam hu

free counters
DON'T FORGET FOLLOW ME AND LEAVE YOUR COMMENT!